Tips Menulis agar tetap konsisten dan dapat menerbitkan buku

Tips Menulis agar tetap konsisten dan dapat menerbitkan buku. Tips ini disingkat menjadi CLBK (Coba-Lakukan-Budayakan dan Konsisten)

tips menulis agar tetap konsisten
Assalamualaikum Wr. Wb.
semuasurat- Berbeda dengan postingan yang biasa admin bagikan seputar contoh surat, kali ini admin ingin membagikan resume tips menulis yang admin dapat dari wa grup belajar menulis PGRI dan yang menjadi narasumbernya adalah penulis buku Digital Transformation Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia. 
Digital Transformation Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia tips menulis CLBK
Yulius Roma Patandean, S.Pd. lahir di Tana Toraja, 6 Juli 1984 Unit Kerja : UPT SMAN 5 Tana Toraja
Beliau adalah seorang guru hebat dapat menjalankan berbagai tugas sekaligus seperti menjadi guru, abdi negara, kepala rumah tanggan dan penulis tentunya. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris PGRI Kabupaten Tana Toraja dan Sekretaris Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Tana Toraja serta pernah mendapat penghargaan Guru Berprestasi Tingkat SMA Kabupaten Tana Toraja pada tahun 2016 dan Medali Perunggu Lomba Kreatifitas Guru PORSENI PGRI Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017. Sungguh luar biasa..!
adapun tips menulis yang ia bagikan disingkat menjadi CLBK. apa itu CLBK? tentunya bukan Cinta Lama Bersemi Kembali. yuk kita simak dibawah ini.!

Tips Menulis

Tips menulis CLBK yaitu : Coba-Lakukan-Budayakan-Konsisten 

Coba

Tak ada satu pun usaha yang berhasil jika tidak mencobanya lebih dahulu. Setiap tawaran pekerjaan dan amanah yang diberikan ke saya, saya jarang menolaknya selama ada kaintannya dengan dunia mengajar. Sama halnya dengan menulis, memulainya kadang susah, terutama dalam membangun ide lalu mencurahkannya kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang akan melatih kita memproduksi untaian kata-kata yang menghasilkan kalimat bermakna.

Lakukan

Ketika kita sudah mencoba, telah menemukan rasa dan keunikan tulisan kita, maka harus terus dilakukan agar ide kita tidak mengendap seiring berlalunya waktu. Jika ada kendala, dan kita berhenti menulis saat itu, maka saat itu juga semangat menulis kita berhenti. Jadi saya paksa diri saya untuk menulis, hingga kini. Menulis apa saja, intinya harus ada sesuatu yang tersimpan di draft tulisan blog saya atau tersimpan di laptop.

Budayakan

Menulis harus menjadi budaya kita. Menjadi bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Jadi, budayakan menulis, sehingga menjadi panggilan beraktifitas setiap hari.

Konsisten

Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam menulis adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yakni menghasilkan sebuah karya tulisan yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang. Bagaimana cara saya konsisten? Memaksa menulis setiap hari, minimal menulis tugas untuk siswa di blog atau upload gambar. Selain itu, saya aktif membeli buku secara online. Jika saya kesulitan mengembangkan ide, maka saya cari bukunya di OLSHOP. 

Jadi, jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya.
Quote Penutup: 
Menulis adalah proses kehadiran kita untuk membawa kabar baik tentang ilmu kehidupan. Apa pun yang kita tulis pastinya ada hubungannya dengan proses hidup kita. 
Itulah  resume belajar menulis yang dapat admin rangkum, semoga apa yang tertulis di postingan ini dapat admin terapkan pula,,, Aamiin...

COMMENTS

BLOGGER: 11
  1. Menulislah dari apa yg kita sukai dan sukai.

    BalasHapus
  2. Materi selesai. Resume selesai. Sigap sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HhehHe .. selesai apa adanya Bu.. masih harus banyak belajar lagi

      Hapus
  3. Semangat.
    Silahkan mampir di Almunawy.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pk,, terimakasih atas kunjungannya..
      Resume bapak bagus sekali...

      Hapus
  4. jiooos secepat ino bisa bikin resume

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat resume di waktu sesi tanya jawab pk... Hehe

      Hapus
  5. Dari proses clbk.. maka terlihat hasilnya. Bagus pak

    BalasHapus
  6. Dari proses clbk.. maka terlihat hasilnya. Bagus pak

    BalasHapus
  7. Mampir disini dulu, belajar CLBK sesungguhnya.

    Mantap tulisannya, hebat...

    BalasHapus

Nama

Berita Acara,5,Cripto,1,Diklat CPNS,3,featured,2,invoice,1,Karya Ilmiah,1,kehilangan,2,Kelahiran,1,KETERANGAN,4,kisah,2,Makalah,8,PENGHASILAN,1,Perangkat Pembelajaran,15,Permohonan,6,Proposal,6,RPP,6,SK,12,Skripsi,6,Surat,7,Surat Ajuan,7,Surat Balasan,1,Surat Bermaterai,1,Surat Cinta,1,Surat Cuti,4,Surat Dinas,25,Surat Ganti Rugi,1,Surat Gugatan,1,surat hibah,3,Surat Internal,3,Surat Izin,5,Surat Jual Beli,4,surat keputusan,10,surat kesepakatan,2,surat keterangan,11,surat klaim,1,surat kontrak,1,surat kuasa,3,Surat Lamaran,7,Surat Nikah Adat Batak,1,Surat Panggilan,1,Surat Pembayaran,2,surat pemberitahuan,2,surat pemesanan,1,surat penawaran,2,Surat Pengantar,1,Surat Pengunduran Diri,2,Surat Perjanjian,8,Surat Permohonan,11,Surat Pernyataan,6,Surat Resmi,29,Surat Tugas,4,Surat Undangan,3,Surat Usulan,4,Template,2,Tugas Akhir,1,Undang-undang,2,
ltr
item
SEMUA SURAT: Tips Menulis agar tetap konsisten dan dapat menerbitkan buku
Tips Menulis agar tetap konsisten dan dapat menerbitkan buku
Tips Menulis agar tetap konsisten dan dapat menerbitkan buku. Tips ini disingkat menjadi CLBK (Coba-Lakukan-Budayakan dan Konsisten)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUJxMwEMPoaZU4KaUIFtD0kCMUPgAKFNTZxsGfeDY8ECXweVFOz8hcxnBU0mnxsSIuutfVqDeDZWg9XGvxngrq1sBZYIrWqSoLMCFoGH-vRALJh6sXJ9r-SZJ-rDweT9iyHXnSkHp_nPDq/w320-h240/tips+menulis.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUJxMwEMPoaZU4KaUIFtD0kCMUPgAKFNTZxsGfeDY8ECXweVFOz8hcxnBU0mnxsSIuutfVqDeDZWg9XGvxngrq1sBZYIrWqSoLMCFoGH-vRALJh6sXJ9r-SZJ-rDweT9iyHXnSkHp_nPDq/s72-w320-c-h240/tips+menulis.jpeg
SEMUA SURAT
https://semuasurat.blogspot.com/2020/08/tips-menulis-agar-tetap-konsisten-dan.html
https://semuasurat.blogspot.com/
https://semuasurat.blogspot.com/
https://semuasurat.blogspot.com/2020/08/tips-menulis-agar-tetap-konsisten-dan.html
true
7825309204899603727
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content