Makalah Entrepreneur Format .docx

Makalah Enterpreneurship / Enterpreneur yang bisa didownload dalam bentuk file word (.docx) | download makalah, tugas kuliah, tugas sekolah

Makalah Enterpreneur



Assalamualaikum Wr. Wb.
Semuasurat-Kali ini admin ingin membagikan contoh Makalah Entrepreneur atau Entrepreneurship sebagai solusi untuk menyelesaikan tugas kerja, tugas kuliah, tugas sekolah dan lain-lain. 

Pengertian Makalah dan Entrepreneur

Makalah adalah salah satu artikel yang membahas topik tertentu yang dicakup dalam berbagai masalah ilmiah. Untuk dikalangan pendidikan makalah juga bisa diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan dari tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Sedangkan Entrepreneur adalah bahasa inggrisnya untuk pengusaha yang artinya orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya

Struktur Makalah entrepreneur

Contoh Makalah Entrepreneur yang admin bagikan ini berisi Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan, Pembahasan, Penutup dan Daftar Isi.

Pendahuluan dalam makalah entrepreneur ini berisi :

  • Latar Belakang 
  • Tujuan dan 
  • Rumusan Masalah

Pembahasan  dalam makalah entrepreneur berisi :

  • Pengelolaan Dan Strategi Kewirausahaan
  • Model Profil Usaha
  • Pengembangan usaha kecil
  • Merintis Usaha Baru

Penutup  dalam makalah entrepreneur Besisi

  • Kesimpulan
  • Saran
Berikut di bawah ini admin tampilkan contoh Makalah Entrepreneur yang bisa langsung di download dalam bentuk format .docx yang bisa di buka dan diedit langsung dengan aplikasi office word atau aplikasi wps.




  • [message]
    • Contoh Makalah Entrepreneur Format .docx
      • KATA PENGANTAR



        Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya Penulis bisa menyelesaikan tugas mata kuliah KEWIRAUSAHAAN yang berjudul “Pengelolaan, Strategi Kewirausahaan, Model Profil Usaha Pengembangan Usaha Kecil Dan Merintis Usaha Baru”. Dalam menyelesaikan laporan studi kasus ini, Penulis banyak memdapat banyak bimbingan baik moril maupun materil dari berbagai pihak. Maka Penulis banyak menyampaikan terimakasih kepada :

        1. Bapak Umar Kaderi, SH., MSc Direktur Akademi Keperawatan Kabupaten Kotawaringin Timur
        2. Keluarga tercintaku serta teman-teman yang senantiasa memberi dukungan selama ini



        DAFTAR ISI

        Kata pengantar i
        Daftar isi ii
        BAB I Pendahuluan
        A. Latar Belakang ........................................................... 1
        B. Tujuan ........................................................................ 1
        C. Rumusan Masalah ...................................................... 1
        BAB II Pembahasan
        A. Pengelolaan Dan Strategi Kewirausahaan ................... 2
        B. Model Profil Usaha....................................................... 3
        C. Pengembangan usaha kecil........................................... 4
        D. Merintis Usaha Baru..................................................... 5


        BAB III Penutup
        A. Kesimpulan ..................................................................... 6
        B. Saran ............................................................................... 6
        Daftar Pustaka



        BAB I

        PENDAHULUAN


        A. Latar Belakang

        Entrepreneurship adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan jasa yang menjadi sumber keuanggulan untuk dijadikan peluang. Jadi, kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda. Di Indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada beberapa sekolah atau perguruan tinggi tertentu saja. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul. Pada makalah ini dijelaskan tentang pengertian, hakekat, ciri-ciri dan karakteristik dan peran kewirausahaan dalam perekonomian nasional.

        B. Tujuan
        Sebagai salah satu bagian penting perkembangan ilmu kewirausahaan dan mengembangkan profesi keperawatan dalam hal berwirausaha :
        1. Dapat memberikan alasan-alasan tentang kenyataan-kenyataan yang dihadapi dalam berwirausaha.
        2. Membantu para anggota profesi perawat untuk memahami berbagai pengetahuan dalam berwirausaha.
        C. Rumusan Masalah
        1. Bagaimana Pengelolaan Dan Kewirausahaan?
        2. Apasaja Model Profil Usaha?
        3. Bagaimana Pengembangan Usaha Kecil?
        4. Bagaimana Merintis Usaha Baru



        BAB II
        PEMBAHASAN 


        A. Pengelolaan Dan Strategi Kewirausahaan
        Untuk menjual sebuah produk, sebaiknya memilih lokasi yang strategis dan banyak calon pembelinya dengan cara menyewa sebuah tempat. Selain tempatnya yang strategis juga harus sedikit persaingan dan jumlah konsumen harus banyak, bukan hanya daerah itu saja diharuskan untuk mengembangkan usaha didaerah terdekat. Produk harus dipastikan berkualitas terbaik dan dalam mengelolaan keuangan dipastikan dalam pembelian bahan harus yang terbaik dan dengan modal yang cukup. Pengelolaan keuangan di daftarkan secara terperinci dengan baik sesuai dengan perhitungan yang ada. Dan hitung keuntungan dan kerugian jika ada. Dalam strategi kewirausahaan diharapkan ada item berikut:
        1. Karakteristik Produk
        Berisi rincian produk akan akan dijual dengan bentuk dan kemasan, dan dijamin mutu dan kualitasnya.
        2. Harga jual
        Berisi patokan harga sebuah produk yang akan dijual perbuah atau perlusinnya.
        3. Jalur penjualan
        Strategi penjualan yang berdasarkan pengetahuan akan konsumen dan daerah penjualan, biasanya berisi tentang dimana daerah untuk menjual produk dan bagaimana perkembangan usaha agar sampai ke konsumen.
        4. Promosi
        Berisi berbagai kata-kata yang bisa membuat konsumen tertarik dengan produk kita, dengan adanya promosi sebuah usaha bisa berkembang, kalau tanpa promosi orang-orang tidak akan tahu apa usaha yang kita kembangkan.
        B. Model Profil Usaha
        Dalam pembuatan profil usaha ada berbagai tahap sebagai berikut : Tahap Studi Kelayakan
        Studi kelayakan usaha secara umum dapat dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut : Tahap Penemuan ide. Pada tahap ini wirausaha memiliki ide untuk merintis usaha barunya. Ide tersebut kemudian dirumuskan dan diidentifikasi. Misalnya peluang bisnis apa saja yang paling memberikan keuntungan, yaitu: bisnis industri, perakitan, perdagangan, usaha jasa, atau jenis usaha lainnya yang dianggap paling layak. Memformulasikan Tujuan. Tahap ini adalah tahap perumusan visi dan misi bisnis. Apa visi dan misi bisnis yang hendak diemban setelah jenis bisnis tersebut diidentifikasi? Apakah misinya untuk menciptakan barang dan jasa yang sangat diperlukan masyarakat sepanjang waktu ataukah untuk menciptakan keuntungan yang langgeng? Tahap Analisis. Proses sistematis yang dilakukan untuk membuat suatu keputusan apakah bisnis tersebut layak dilaksanakan atau tidak. Tahapan ini dilakukan seperti prosedur proses penelitian ilmiah lainnya, yaitu dimulai dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dalam studi kelayakan usaha hanya dua, yaitu dilaksanakan (go) atau tidak dilaksanakan (no go). Tahap Keputusan. Langkah berikutnya adalah tahap mengambil keputusan apakah bisnis layak dilaksanakan atau tidak.

        Makalah Enterpreneur

        Karena menyangkut keperluan investasi yang mengandung risiko, maka keputusan bisnis biasanya berdasarkan beberapa kriteria investasi, seperti Pay Back Period (PBP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return, dan sebagainya Setelah ide untuk memulai usaha muncul, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan. Perencanaan usaha adalah suatu cetak biru tertulis (blue-print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian finansial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolanya. Perencanaan usaha sebagai persiapan awal memiliki dua fungsi penting, yaitu : Sebagai pedoman mencapai keberhasilan manajemen usaha Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dan luar. Beberapa unsur penting dalam perencanaan usaha, yaitu :
         Ringkasan eksekutif (executive summary)
         Pernyataan misi (mission statement)  Lingkungan usaha (business environment)
         Perencanaan pemasaran (marketing plan)
         Tim manajemen (management team)
         Data finansial (financial data)
         Aspek-aspek legal (legal consideration)
         Jaminan asuransi (insurance requirements)
         Orang-orang penting (key person)
         Pemasok (supliers)
         Risiko (risk)
        Bila semua tahap sudah terlaksana ada berbagai macam penjelasan dalam pembuatan profil usaha sebagai berikut:
         Judul usaha adalah nama usaha yang kita kembangkan
         Alamat usaha berisi alamat lengkap usaha kita
         Ilustrasi Usaha berisi penjelasan usaha kita dan usaha kita bergerak dibidang apa
         Visi dan Misi Usaha adalah sebuah motivasi untuk mengembangkan sebuah usaha

         Manajemen Usaha berisi dalam pengembangan sebuah usaha memerlukan beberapa ide-ide dan gagasan dari setiap individu ataupun kelompok
         Profil Usaha berisi nama usaha yang kita kembangkan, alamat usaha, jenis usaha, jumlah karyawan, moto usaha, legalisasi atau catatan resmi ijin untuk membuat usaha, struktur organisasi usaha (KETUA, BENDAHARA, SEKRETARIS, OPERATIONAL TEKHNISI MARKETING ADMINISTRASI)

        Makalah Entrepreneur


        C. Pengembangan usaha kecil
        Cara Mengembangkan Usaha Kecil
        1. Rencanakan Sebuah Strategi
        Dalam menjalankan sebuah usaha apapun itu pastinya membutuhkan sebuah strategi, tujuannya mempermudah serta membantu pelaku usaha dalam memperhitungkan anggaran-anggaran yang nantinya akan dikeluarkan. Selain itu, adanya strategi bisnis juga bisa menjadi acuan untuk mengembangkan usaha kecil Anda menjadi lebih besar.
        2. Menghemat Biaya Operasional Setiap Bulan
        Dalam proses pengembangan usaha, pelaku usaha tidaklah harus mengeluarkan biaya operasional yang terlalu besar. Usahakan untuk memulai sebuah bisnis dengan biaya minim agar laba usaha yang didapatkan bisa lebih besar. Hal itu bertujuan untuk menekan dan mengurangi biaya yang ada. Dalam proses pengembangan ini tentu saja kreativitas Anda yang sangat di uji dalam menciptakan ide-ide baru namun tetap hemat biaya pengeluaran.
        3. Kenali Para Pesaing Anda

        Jika Anda tidak mengenali lawan atau pesaing bisnis Anda, pastinya Anda tidak mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Karena, dalam proses ini pelaku bisnis akan selalu dituntut untuk bisa menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan usaha sehingga usaha Anda bisa lebih dilirik oleh konsumen dibandingkan dengan produk yang lain.
        4. Survei Harga Pasar
        Dalam mengembangkan usaha, pelaku bisnis tentu saja diwajibkan untuk mengetahui harga pasar. Mengapa demikian? Hal itu bertujuan agar Anda bisa mengetahui harga pasar sebenarnya. Tidak hanya itu saja, cara ini juga bertujuan untuk berjaga-jaga ketika harga pasar mengalami penurunan maupun kenaikan sehingga Anda tidak salah mengambil keputusan. Apabila Anda sampai salah mengambil tindakan, hal itu bisa jadi sebuah kesalahan fatal yang menyangkut pada produk yang Anda tawarkan.
        D. Merintis Usaha Baru
        Mempunyai usaha merupakan keinginan banyak orang. Sangat menyenangkan membesarkan usaha milik sendiri. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memulai usaha baru dari nol? sebenarnyanya cara untuk memulai usaha sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya dengan mempunyai impian. Karena dengan impian kita dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga akhirnya ide usaha tersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.
        Selanjutnya memulai usaha dapat dapat dilakukan sebagai beriku
        1. Tentukan ide usaha.
        Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.
        2. Ciptakan visi dan misi usaha.
        Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.
        3. Action.
        Sebaik apapun ide usaha yang kita punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.
        4. Selalu belajar dan lakukan pengamatan.
        Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.
        5. Hadapi dan nikmati hambatan atau kegagalan.
        Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.


        BAB III

        PENUTUP

        A. Kesimpulan

        Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan jasa yang menjadi sumber keuanggulan untuk dijadikan peluang. Jadi, kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda.
        B. Saran
        Dengan adanya makalah ini dapat menambah pengetahuan akan berwirausaha bagi mahasiswa dimasa yang akan datang, dan belajar berdasarkan pengalaman kewirausahaan.


        DAFTAR PUSTAKA 
        http://bukausaha.com/cara-memulai-usaha-baru-9 diakses tgl 02-10-2016 pukul 12.20
        https://www.academia.edu/9279043/Profil_Usaha_Kecil_dan_Perkembangannya diakses pukul 11.30
        http://profilusahakecil.blogspot.co.id/ diakses pukul 12.35


Cara Download 

Makalah Entrepreneur ini admin bagikan bisa langsung di download dalam bentuk file word .docx agar bisa langsung di edit setelah di download
Nah bagi yang masih kesulitan download di contoh surat via frame di atas bisa klik [Download Disini##download##]


Cara Donwload :
  1. Cari Tombol "Visit Link" dibawah "Your Link Show Here"
  2. Pindah ke halaman baru lalu Lihat sudut kanan atas, tunggu 5 detik lalu klik skip ads

Semoga dapat membantu, dan tolong bantuannya juga untuk mensupport kami dalam memasukkan contoh surat dengan cara klik iklan didalam blog ini, terimakasih


COMMENTS

Nama

Berita Acara,5,Cripto,1,Diklat CPNS,3,featured,2,invoice,1,Karya Ilmiah,1,kehilangan,2,Kelahiran,1,KETERANGAN,4,kisah,2,Makalah,8,PENGHASILAN,1,Perangkat Pembelajaran,15,Permohonan,6,Proposal,6,RPP,6,SK,12,Skripsi,6,Surat,7,Surat Ajuan,7,Surat Balasan,1,Surat Bermaterai,1,Surat Cinta,1,Surat Cuti,4,Surat Dinas,25,Surat Ganti Rugi,1,Surat Gugatan,1,surat hibah,3,Surat Internal,3,Surat Izin,5,Surat Jual Beli,4,surat keputusan,10,surat kesepakatan,2,surat keterangan,11,surat klaim,1,surat kontrak,1,surat kuasa,3,Surat Lamaran,7,Surat Nikah Adat Batak,1,Surat Panggilan,1,Surat Pembayaran,2,surat pemberitahuan,2,surat pemesanan,1,surat penawaran,2,Surat Pengantar,1,Surat Pengunduran Diri,2,Surat Perjanjian,8,Surat Permohonan,11,Surat Pernyataan,6,Surat Resmi,29,Surat Tugas,4,Surat Undangan,3,Surat Usulan,4,Template,2,Tugas Akhir,1,Undang-undang,2,
ltr
item
SEMUA SURAT: Makalah Entrepreneur Format .docx
Makalah Entrepreneur Format .docx
Makalah Enterpreneurship / Enterpreneur yang bisa didownload dalam bentuk file word (.docx) | download makalah, tugas kuliah, tugas sekolah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhL_wqhXk73zrRYQBRxr2NTXgzYyS14pJ1559zwz1sUMTiWULCiESC2SzVl9lD6l7KBu80JRyCU20MXDeFZEE3jqDesXG85KPIWradCmKwe-yZb4Iy34_F-IbkeLvqtiCr72oBroT9EOcg/s320/makalah+enterpreneurship.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhL_wqhXk73zrRYQBRxr2NTXgzYyS14pJ1559zwz1sUMTiWULCiESC2SzVl9lD6l7KBu80JRyCU20MXDeFZEE3jqDesXG85KPIWradCmKwe-yZb4Iy34_F-IbkeLvqtiCr72oBroT9EOcg/s72-c/makalah+enterpreneurship.png
SEMUA SURAT
https://semuasurat.blogspot.com/2020/09/makalah-enterpreneur-format-docx.html
https://semuasurat.blogspot.com/
https://semuasurat.blogspot.com/
https://semuasurat.blogspot.com/2020/09/makalah-enterpreneur-format-docx.html
true
7825309204899603727
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content